HAi MiiKo

Standard

Udah lama banget pengen cerita tentang Hai Miiko, tapi belum kesampaian.

V seneng ama komik Jepang (manga) sejak kelas 3 SD. Sebelum mengenal manga, v biasanya baca buku-buku karangan Enid Blyton seperti Lima Sekawan, Pasukan Mau Tahu, St. Clare’s atau serial STOP karya Stefan Wolf.

lima-sekawan-karang-setan1Lima Sekawan

pasukan-mau-tahuPasukan Mau Tahu

enidblytonclaudinedistclareSt. Clare

kasus-untuk-stop-pertarungan-mata-mataSTOP

Hai Miiko sendiri v kenal waktu v masih kuliah tahun kedua, kurang lebih delapan tahun yang lalu. Sebuah manga karya Ono Eriko terbitan M&C! yang sampe sekarang belum tamat-edisi terakhir beredar no.19 terbit tahun 2008, tentang seorang anak SD dengan berbagai macam masalah yang dihadapinya. Masalah dengan mama dan papanya, masalah dengan adeknya, masalah dengan sahabat-sahabatnya, masalah dengan cowonya (?), sampai masalah sosial seperti korban pengeboman di Hiroshima juga dibahas.

hai-miikoHai Miiko no.19 Japanese Version

Yamada Miiko: tokoh utama dari komik ini punya sifat ceria, pemalas, ceroboh, ga banget d kalo dijadiin kakak.

Yamada Mamoru: sifatnya beda banget ama Miiko. Suka nolongin mamanya masak kalo si mama sedang sibuk dengan kerjaan di kantor, pinter, serius, rapi, lebih cocok kalo mamoru jadi kk nya Miiko.

Shimura Mari: sahabat Miiko yang pengen banget jadi komikus, sifatnya yang agak sok penting dan tau segalanya sering jadi bumerang bagi dirinya sendiri. Kalo ga ada Miiko n Yuuko, Mari bakal sering dimusuhin ama temen-temen sekelas.

Ogawa Yuuko: sahabat Miiko yang sabar banget ngeladeni Miiko dan Mari, mungkin dikarenakan Yuuko anak pertama dari beberapa saudara yang masih kecil menyebabkan Yuuko terbiasa mengalah. Yuuko pinter banget masak dan bikin kue.

Eguchi Tappei: cowok yang seneng banget ngeledekin Miiko. Tapi, walaupun seneng gangguin Miiko, Tappei perhatian banget ama Miiko, suka nolongin kalo Miiko lagi tertimpa masalah.

miikopanel

Yoshida Ikuya: co yang naksir banget ama Miiko, sifatnya bertolak belakang ama Tappei. Saingan Tappei dalam merebut hati Miiko.

Satou Kenta: sahabat Tappei yang juga co-nya Yuuko. Seneng banget kebablasan ngomong. Jadinya sering bikin hubungan Miiko dan Tappei memburuk.

Papa Miiko: bekerja sebagai wartawan. Khas pekerja Jepang pada umumnya, pekerja keras. Sangat perhatian dan sayang dengan keluarga, mau berbagi pekerjaan rumah tangga dengan istrinya, misalnya masak, mencuci baju, atau hadir di sekolah pada saat dibutuhkan.

Mama Miiko: bekerja sebagai editor di suatu perusahaan penerbitan komik.

Adik bayi Miiko (momo-chan): muncul di Hai Miiko jilid 19, walaupun masih bayi tapi udah sensitip banget dengan hubungan Miiko dan Tappei ;p

Buat v, Hai Miiko bukan sekedar komik buat anak2 aja, orang tua pun v sarankan untuk membaca komik ini, karena komik ini mengajarkan anak2 untuk tidak lupa berterima kasih dengan yang lebih tua, untuk tidak mau berkenalan dengan orang asing, untuk saling sayang menyayangi di dalam keluarga, untuk menolong orang tua, untuk tidak gampang berantem dengan sahabat, sampe sex education juga diajarkan dengan gambar dan penjelasan yang mudah dimengerti anak2.

Dalam salah satu episodenya diceritakan Miiko yang setiap malam Rabu mengalami mimpi buruk. Selidik punya selidik,  ternyata setiap hari kamis, di kelas  Miiko selalu diadakan ulangan matematika, dan Miiko tidak belajar pada malam harinya, sehingga ia selalu mendapat nilai jelek. Papa Miiko akhirnya nolongin Miiko belajar matematika.

Coba d baca salah satu edisi dari Hai Miiko, ceritanya ga bersambung ko. Dijamin mesti seneng ama komik yang satu ini.

Selamat membaca Hai Miiko…

55 thoughts on “HAi MiiKo

  1. dena

    hai,miiko!ku pengen banget baca komik volume 12!tapi tiap mo beli malahan makin hari komik miiko jadi dikit!perbanyak lagi donk biar ku bisa beli!oce!

  2. ich……..hai miiko tu kren bngd!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    palagi tappei,guantengnya……………!!!!!!!!!!!!
    pantes klo dket” tappei miiko lngsung deg-degan…….

  3. ocha

    Pertama tmn” ku bw Hai Mikko,aku kira komik itu cewek bgt.Tp pas aku nyoba bc Hai Mikko sekali aku ketagihan.Bahkan kalau ku ke gramed pasti aku nyelipin Hai Mikko di antar bk yg ku beli.Mikko itu ky aku bgt.Terus ceritnya kok mirip” sam kejadian yg ku alami ya????

  4. ocha

    Pertama tmn” ku bw Hai Mikko,aku kira komik itu cewek bgt.Tp pas aku nyoba bc Hai Mikko sekali aku ketagihan.Bahkan kalau ku ke gramed pasti aku nyelipin Hai Mikko di antara bk yg ku beli.Mikko itu ky aku bgt.Terus ceritnya kok mirip” sam kejadian yg ku alami ya????

  5. chilla Octaviani

    aku punya komik hai miiko dri 1-21 ..
    tinggal 22 doank nie..( sebener’a gx juga c )

    kira” kpn y hai miiko ke 22 ??

  6. ade risanti

    semoggggggggggaaaaaaaaaa miko disukai banyakkkk orang dan tetap beredar dimana sajaaaaaaa OKe…… yang suka Miko pasti mendukung abizzzzzzzzzzz

    • venimoenif

      karena beberapa tahun terakhir ini, hai miiko di indonesia beredarnya sesudah komik hai miiko edisi terbaru keluar di jepang

  7. annisa n.i.

    Bu ONO, buat komik miiko smpa khr, br thu kalau miiko psngn am zp ??????????!!!!!!!!!!!!!!!
    trs, krm komik miiko desu k bangka,coalny d gramedia g’ ad?!
    tlng,,,,,,,,yach. ;p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s