ANak bAru

Standard

V kena batunya….

V adalah orang yang selalu menyerukan ke diri v sendiri “don’t judge the book by its cover,” Suatu hari kost v kedatangan anak baru, namanya Risma. Ngakunya kerja di GameNet. Kesan pertamanya sih anaknya pendiem, sopan. Mbak Tini-yang jaga kost v- aja sampe seneng ama dia. V juga seneng ngeliatnya, kelihatan sopan, first impression, biasalah… Sampai suatu hari, waktu Edy (sahabat v) ke kost mo ngerjain big paper dari dosen, Risma pinjem korek apinya Edy. Maka v pun mulai bicara dalam hati ”eee? korek api? buat apa? rokok?” bukannya v anti orang yang ngerokok, apalagi ce, duluuu banget v juga sempat ngerokok, tapi karena v ngerasa ga ada untungnya buat v jadi v berentiin, terus sekarang dengan sangat sengaja berusaha menjauhi ce yang ngerokok soalnya ntar jadi pengeeen hehehe terus juga pandangan v sekarang untuk ce yang ngerokok rada2 negatip, kesannya kaya ce nakal, juga kasian ama rahimnya.

Semenjak kejadian itu penilaian v agak2 berubah. Risma yang ga punya kendaraan selau minta diantarin ke tempat kerja sama Pak Jito-suami mb Tini-dan Rahman (teman kost v). Suatu tengah malam Risma pulang dengan teman ce nya ke kost, heboooh banget n beberapa menit kemudian keluar lagi, kayanya mo pergi nge-dugem, waktu itu mb Tini sedang di Bogor karena anaknya yang kerja disana tunangan, jadi yang jaga kost Cuma Pak Jito. Karena pagar udah di kunci pak jito n pak jito udah tidur, jadi Risma ga bisa keluar dong… nah, lingkungan kost v terdiri dari enam rumah yang terpisah, rumah sebelah v yang jadi sarang cowo2 di samperin ama dia, mo pinjem kunci pagar. V waktu itu denger Erwin (co sebelah) ngomong ”alaah, bilang aja lo mo ngedugem, pake bohong lo ama gw.” pada waktu itu v pikir ”waw, baru seminggu di kosan ini belum kenal sapa2 tapi udah berani minta anter, pinjem kunci,” secara mb Tini cuma ngasi kunci ke anak2 yang udah kerja aja. Besok paginya v udah ga tau lagi cerita si Risma, lagi pusing dengan tugas kuliah. Beberapa hari kemudian, mb Tini yang udah pulang dari Bogor tiba2 ke kamar v n cerita kalo ternyata Risma waktu malam2 nge dugem itu balik n tidur di kamar Rahman, mb Tini tau dari Rahman yang ngaku ke Pak Jito, katanya Rahman ngungsi ke rumah satu, kamar sahabatnya. Wedeww berani banget ya.. alasannya karena tas n kunci kamarnya ketinggalan di rumah teman, v pikir mgkin karena mabuk jadi ga tau dimana tas n kunci kamar, masih syukur bisa nyampe kost dengan selamat. Saat itu mb tini cuma kasi nasihat ke Rahman, biar ga berurusan dengan Risma. Esoknya kejadian lagi, Risma nge-dugem n mabok n tidur dirumah dua, dengan bajunya yang pendek, kemben doang, alasannya juga sama tas dan knci yang ketinggalan di rumah temannya. Mb tini marah banget, Risma dimarahin, disuruh berpakaian yang layak dsbnya. Rahman yang sekarang jadi supirnya Risma jadi marah ke mb Tini ga tau karena apa, mgkin karena nasihat2 mb Tini tentang Risma. Sekarang tiap malam Rahman n Risma bobo bareng, n kemana2 bareng. Kebaikan mb Tini ke Rahman selama ini seolah2 hilang hanya karena pesona Risma, Rahman ga pernah lagi negur mb tini kalo papasan, apalagi ngobrol, padahal dulu kalo ga ada duit, akhir bulan, mb tini yang ngasi makan Rahman, bikinin teh tiap sore, semua udah ilang, mungkin udah ga ada artinya lagi semua itu di mata Rahman.

V jadi berpikir, first impression atau apapun istilahnya bisa saja menipu kita dalam berbagai hal. Pada saat pertama kenalan dengan Risma, v udah ”judge Risma by her cover,” dan ternyata sifat2nya beda banget dengan image yang Risma tampilkan di depan v n mb Tini waktu pertama kali masuk kost, tapi… think positif aja dululah, ga usah nge cap macam2, giliran udah tau sifatnya n ga sesuai dengan kita tinggalin aja atau tetap berteman walaupun menjaga jarak, semua terserah pilihan kita, yang penting jangan sampai terpengaruh, ya ga?? Toh dibalik beberapa sifatnya yang rada2 negatip pasti ada satu kebaikan betul???


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s