KResEK = KaNTonG AsoY

Standard

Ada lagi kata yang bikin v bingung waktu pertama kali merantau ke Jogja, which is kresek. Secara di pekanbaru, yang namanya kantong plastik buat belanjaan dikenal dengan istilah kantong asoy.

V sendiri ga tau gimana ceritanya kantong platik ini dinamakan kantong asoy, tapi seumur-umur v emang ngenalin kantong tsb dengan nama kantong asoy.

Ceritanya, v yang baru dua hari merantau di jogja, belanja ke warung sebelah rumah. Giliran mau minta kantong plastik, v dengan cueknya bilang ke si mba penjaga warung “mba, minta kantong asoy nya dong….” jadilah si mba melongo mendengar omongan v, secara dia ga ngerti kantong asoy itu apa. Karena mbanya ga memberi kantong plastik tsb, langsung aja v ambil kantong plastik yang terletak diatas mejanya seraya berujar “ini lho mba, yang saya maksud dengan kantong asoy, di jogja namanya apa ya mba?” si mba langsung tertawa, “kalo di jogja mba, namanya kresek“, v langsung jawab “ya maap mba, namanya juga pendatang hehehe.” Satu lagi kosa kata baru yang v pelajari hari itu.

4 thoughts on “KResEK = KaNTonG AsoY

  1. eh iya, di kampungku di Bangka juga bilangnya kantong asoy…..entah asoy dimana….kantong item jelek dan bau itu kok dibilang asoy….wahahhahaha

    kalo kresek mungkin karena bunyinya gitu makanyua dibilang keresek….

  2. Yang kamu alami, juga kualami di Yogya puluhan tahun lalu, saat lagui makan siang. Tanduk naak ? tanya si ibu warung. Nggak usah bu kataku (maksudku tidak mau tanduk sapi), ketika kusorongkan piringku, dia melongo….. (jarene mboten tanduk…. piye tho ?)
    Semoga kamu cinta Yogya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s