NyONteK

Standard

Musim final test….

Begitu juga dengan kampus v. Selama dua minggu ini mahasiswa di kampus v sibuk dengan final test untuk semester ganjil tahun ajaran 2008/2009.

V, sebagai dosen diwajibkan untuk ikut serta mengawasi proses ujian yang berlangsung. V kemudian menemukan:

cheat-11. Ada seorang mahasiswa v yang menggunakan tempat pensilnya sebagai tempat untuk meletakkan kepek-an-nya(bahasa jawa)dengan anggapan v tidak melihat aksi mahasiswa tsb. (note. http://images.inimagine.com/digitalvision/dv697/dv697053.jpg).

cheating2. Sesuai dengan gambar yang v ambil di http://collegejolt.com/wp-content/uploads/2008/10/cheating.jpg, ada juga mahasiswa v yang meletakkan tasnya di atas pahanya kemudian mengintip kepek-an yang sudah disiapkan sebelumnya di dalam tas tersebut.

cheating23. Ada lagi, mahasiswa v yang menggunakan tangannya untuk menutupi kepek-annya, bahkan menggunakan ada juga mahasiswa v yang melapisi kepek-annya dengan soal ujian, yang mengisyaratkan seolah-olah mahasiswa v tersebut sedang membaca soal ujian tsb dengan sungguh2; innocent face mode *on :-p (note. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/5a/Cheating.JPG).

copy-paper4. Ini dia yang paling biasa dilakukan oleh mahasiswa v.  (note. http://www.topics-mag.com/edition13/images-ch/copy-paper.jpg)

Duluuuuu banget, waktu v masih di SMU, v berani banget nyontek, malah di kartu ujian EBTANAS juga v tulisin kepek-an. Apapun v lakukan demi nilai yang tinggi.

Tapi, giliran v udah kuliah, v udah ga berani lagi. Mau nyiapin kepek-an malah  malas bgt. Bahkan walaupun v udah nyiapin kepeak-an, pada saat ujian, v jadi ga berani ngeliat. Jangankan membaca atau menyalin isi kepek-an, mengambil dari tas atau tempat pensil aja tangan v gemetar hehehe

Ga tau juga napa v tiba2 jadi anak yang baik. Mungkin karena pengawas ujiannya galak, entahlah.. i dunno.. hehe

Tapi satu hal yang v pelajari, walaupun kita berusaha tetap tidak ketahuan nyontek, ngepek, atau cheating, teteup aja tingkah laku kita kelihatan dari tempat duduk pengawas ujian di depan, ga bisa macem-macem d…  Mesti ketahuan hehehe Perkara pengawas ujiannya menindak kita atau tidak, dimasukin nama kita dalam berita acara ujian atau tidak, itu mah hak prerogatif mereka.

Jadi, buat mahasiswa, pinter-pinter dong nyonteknya hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s